Pengembangan Organisasi
Pengembangan
organisasi yang juga dikenal dengan organization development merupakan suatu proses
yang meliputi serangkaian perencanaan perubahan yang sistematis yang dilakukan
secara terus-menerus oleh suatu organisasi untuk meningkatkan efektivitas
organisasi serta memecahkan masalah-masalah yang ada dalam organisasi
tersebut.organisasi sebagai alat dalam arti abstrak untuk merealisir, apa yang
menjadi keputusan starategik yang ditetapkan, maka mau tidak harus mengikuti
atas perubahan lingkungan yang digerakkan oleh kekuatan kepemimpinan untuk
hidup dan bertahan dalam abad 21, oleh karena itu, organisasi sebagai alat
dimanifestasikan terutama dalam hubungan dua faktor yang disebut dengan
fleksibilitas disatu sisi dan disisi lain adalah dapat tidaknya dikontrol.
KARAKTERISTIK PENGEMBANGAN ORGANISASI
1. Terencana
Pengembangan Organisasi adalah pendekatan berdasarkan data terhadap perubahan
yang melibatkan semua unsur yang ada dalam perencanaan manajerial.
2.
Berorientasi Masalah Pengembangan Organisasi berupaya menerapkan teori &
penelitian dr sejumlah disiplin ilmu
3.
Mencerminkan Pendekatan Sistem Pengembangan Organisasi adl p[endekatan
sistematik dan sistemik.
4. Merupakan
Bagian Integral Dr Proses Manajemen Pengembangan Organisasi bukanlah sesuatu yang dilakukan terhadap
organisasi oleh pihak luar.
5.
Pengembangan Organisasi Bukan Strategi Mapan Pengembangan Organisasi adalah
proses yg berkelanjutan yg berlangsung terus menerus.
6. Berfokus
Pada Peningkatan Pengembangan Organisasi menekankan meningkatkan
7.
Berorientasi Tindakan Fokus Pengembangan Organisasi adalah penyelesaian dan
hasil
8.
Berdasarkan Teori & Praktek Yg Sehat
Proses pengambangan organisasi diterapkan dengan
sasaran :
- Hubungan yang lebih efektif antara departemen, divisi dan kelompok-kelompok kerja dalam organisasi.
- Hubungan pribadi yang lebih efektif antara manajer dan karyawan pada semua jenjang organisasi.
- Terhapusnya hambatan-hambatan komunikasi antara pribadi dan kelompok.
- Berkembangnya iklim yang ditandai dengan saling percaya, dan keterbukaan yang dapat memotivasi serta menantang anggota organisasi untuk lebih berprestasi.
DIAGNOSIS
MASALAH
Diagnosis
masalah yg timbul & mungkin mencakup upaya pengumpulan informasi yang
mencerminkan tingkat keefektifan organisasi. masalah harus didiagnosis &
manajer dapat melakukan analisis dengan mempertimbangkan:
- apa masalah sebenarnya
- apa yg harus diubah untuk memecahkan masalah
- apa hasil yang diharapkan
- bagaiamana mengukur hasil itu
NAMA : MUHAMMAD ZAKI SYAHPUTRA
NPM : 14110852
KELAS : 2KA29
Tidak ada komentar:
Posting Komentar