Minggu, 29 April 2012

PENGEMBANGAN ORGANISASI


Pengembangan Organisasi
Pengembangan organisasi yang juga dikenal dengan organization development merupakan suatu proses yang meliputi serangkaian perencanaan perubahan yang sistematis yang dilakukan secara terus-menerus oleh suatu organisasi untuk meningkatkan efektivitas organisasi serta memecahkan masalah-masalah yang ada dalam organisasi tersebut.organisasi sebagai alat dalam arti abstrak untuk merealisir, apa yang menjadi keputusan starategik yang ditetapkan, maka mau tidak harus mengikuti atas perubahan lingkungan yang digerakkan oleh kekuatan kepemimpinan untuk hidup dan bertahan dalam abad 21, oleh karena itu, organisasi sebagai alat dimanifestasikan terutama dalam hubungan dua faktor yang disebut dengan fleksibilitas disatu sisi dan disisi lain adalah dapat tidaknya dikontrol.

KARAKTERISTIK PENGEMBANGAN ORGANISASI

1. Terencana Pengembangan Organisasi adalah pendekatan berdasarkan data terhadap perubahan yang melibatkan semua unsur yang ada dalam perencanaan manajerial. 

2. Berorientasi Masalah Pengembangan Organisasi berupaya menerapkan teori & penelitian dr sejumlah disiplin ilmu 

3. Mencerminkan Pendekatan Sistem Pengembangan Organisasi adl p[endekatan sistematik dan sistemik.

4. Merupakan Bagian Integral Dr Proses Manajemen Pengembangan Organisasi  bukanlah sesuatu yang dilakukan terhadap organisasi oleh pihak luar. 

5. Pengembangan Organisasi Bukan Strategi Mapan Pengembangan Organisasi adalah proses yg berkelanjutan yg berlangsung terus menerus. 

6. Berfokus Pada Peningkatan Pengembangan Organisasi menekankan meningkatkan

7. Berorientasi Tindakan Fokus Pengembangan Organisasi adalah penyelesaian dan hasil 

8. Berdasarkan Teori & Praktek Yg Sehat

Proses pengambangan organisasi diterapkan dengan sasaran :
  1. Hubungan yang lebih efektif antara departemen, divisi dan kelompok-kelompok kerja dalam organisasi.
  2. Hubungan pribadi yang lebih efektif antara manajer dan karyawan pada semua jenjang organisasi.
  3. Terhapusnya hambatan-hambatan komunikasi antara pribadi dan kelompok.
  4. Berkembangnya iklim yang ditandai dengan saling percaya, dan keterbukaan yang dapat memotivasi serta menantang anggota organisasi untuk lebih berprestasi.
DIAGNOSIS MASALAH

Diagnosis masalah yg timbul & mungkin mencakup upaya pengumpulan informasi yang mencerminkan tingkat keefektifan organisasi. masalah harus didiagnosis & manajer dapat melakukan analisis dengan mempertimbangkan:
- apa masalah sebenarnya
- apa yg harus diubah untuk memecahkan masalah
- apa hasil yang diharapkan
- bagaiamana mengukur hasil itu


NAMA            : MUHAMMAD ZAKI SYAHPUTRA
NPM               : 14110852
KELAS           : 2KA29



Tidak ada komentar:

Posting Komentar