Senin, 10 Oktober 2011

1.2 macam-macam organisasi

BENTUK-BENTUK ORGNISASI
Pengertian bentuk organisasi sering disamaka dengan tipe organisasi,padahal keduanya berbeda. Bentuk organisasi memandang organisasi dari segi tata-hubungan, wewenang (authority), dan tanggung jawab (responsibility) yang ada dalam suatu organisasi.
Apabila di dalam organisasi hanya terdapat hubungan satf maka organisasi itu adalah organisasi staff. Tata hubungan wewenang dan tanggung jawab lini akan menimbulkan organisasi lini. Demikian pula tata hubungan fungsi akan menimbulkan organisasi fungsi. Tata-hubungan staff berupa tata-hubungan pemberian saran,nasihat,bantuan pemikiran atas berbagai masalah yang memerlukan kecakapan khusus. Di dalam bagan organisasi, tata-hubungan staff digambarkan dengan garis putus-putus (-------) untuk membedakan dengan tata-hubungan lini.
Tata-hubungan wewenang dan tanggung jawab lini berupa tata-hubungan perintah atau komando dari puncak pemimpin kepada para pembantu pimpinan atau kepada satuan pelaksana. Wewenang dari pucuk pimpinan disalurkan melalui saluran garis atau lini, baik kepada pembantu pimpinan maupu kepada para pejabat lini. Yang dimaksud dengan pembantu pimpinan adalah pejabat (para pejabat) yang secara langsung ada dibawah pucuk pimpinan yang mempunyai wewenang lini (wewenang komando). Pejabat (para pejabat) tersebut diserahi tugas untuk membantu pimpinan dalam bidang kerja tertentu . pejabat lini adalah pejabat yang berhubungan langsung dengan kegiatan pelaksanaan tugas operasional sesuai dengan fungsi atau urusan masing-masing.
Tata-hubungan fungsi adalah tata-hubungan pemberian pemerintah setiap pimpinan satuan organisasi yang ada dibawah pucuk pimpinan kepada semua yang adad sepanjang perintah itu menyangkut bdang tugas atau kerjanya. Sesuai dengan luas-sempitnya organisasi, dan tergantung dari kepentingan organisasi , tiga macam tata-hubungan (staff, lini,dan fungsi) itu dikombinasikan, baik dalam bentuk dan kombinasi maupun dalam bentuk tiga kombinasi.
Apabila dalam organisasi terdapat tata-hubungan staff dan lini, maka organisasi itu dinamakan bentuk organisasi lini dan fungsi. Apabila dalam organisasi itu tedapat tata-hubungan lini dadn fungsi, maka organisasi itu dinamakan organisasi lini dan fungsi. Demikian pula apabila dalam organisasi terdapat tata-hubungan fungsi dan staff, maka organisasi itu dinamakan organisasi fungsi dan staf. Organisasi dinamakan organisasi lini, staff, dan fungsi apabila dalam organisasi itu terdapat tiga macam tata-hubungan, yaitu tata hubungan lini, staff, dan tata-hubungan fungsi.
Dengan demikian atas dasar macam-macam tata-hubungan yang ada di dalan organisasi maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdpata berbagai macam bentuk organisasi, yaitu :
1) Bentuk Organisasi Staff ( Staff Organization),
2) Bentuk Organisasi Lini ( Line organization),
3) Bentuk Organisasi Fungsi ( Functional Organization),
4) Bentuk Organisasi Lini dan Staff ( Line and Staff Organization),
5) Bentuk Organisasi Fungsi dan Staff ( Functional and Staff Organization),
6) Bentuk Organisasi Lini dan Fungsi ( Line and Functional Organization),
7) Bentuk Organisasi Lini,Staff, dan Fungsi ( Line, Staff, and Functional Organization).
Masih terdapat satu macam bentuk organisasi, yaitu benuk organisasi panitia ( Committe Organization), yaitu apabila kegiatan itu dilakukan kelompok sementara yang tediri daripada orang-orang yang mempunyai keahlihan tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar