Spesifikasi
OSGI yang sekarang digunakan dalam aplikasi mulai dari ponsel ke open source
Eclipse IDE. Wilayah aplikasi lain meliputi mobil, otomasi industri,
otomatisasi bangunan, PDA, komputasi grid, hiburan (misalnya iPronto), armada
manajemen dan aplikasi server. Adapun spesifikasi yang lain dimana OSGI akan
dirancang untuk melengkapi standar perumahan yang ada, seperti orang – orang
LonWorks (lihat kontrol jaringan), CAL, CEBus, HAVi, dan lain-lain.
Inti bagian dari spesifikasi adalah suatu kerangka kerja yang mendefinisikan aplikasi model manajemen siklus hidup, sebuah layanan registrasi, sebuah lingkungan eksekusi dan modul. Berdasarkan kerangka ini, sejumlah besar OSGI layers, API, dan Jasa telah ditetapkan. Spesifikasi OSGI yang dikembangkan oleh para anggota dalam proses terbuka dan tersedia untuk umum secara gratis di bawah Lisensi Spesifikasi OSGI. OSGI Alliance yang memiliki program kepatuhan yang hanya terbuka untuk anggota. Pada Oktober 2009, daftar bersertifikat OSGI implementasi berisi lima entri.
Open
Service Gateway Initiative (OSGi) adalah sebuah system dan aplikasi
interoperability berbasis komponen platform yang terintegrasi. OSGi merupakan
system modul dinamik untuk Java. Teknologi OSGi adalah Universal Middleware.
Teknologi OSGi menyediakan sebuah service-oriented, lingkungan yang berbasis
komponen untuk pengembang dan menawarkan jalan standard untuk mengatur siklus
hidup software. Kemampuan ini dapat menambah nilai jangkauan dari computer dan
peralatan yang menggunakan platform Java dengan sangat hebat. Teknologi OSGi
mengadopsi keuntungan dari menambah time-to-market dan mengurangi biaya
pengembangan karena teknologi OSGi menyediakan subsistem komponen yang
terintegrasi dari pre-build dan pre-tested. Teknologi ini juga mengurangi biaya
perawatan dan memberikan kesempatan aftermarket yang baru dan unik karena
jaringan dapat digunakan untuk update secara dinamik dan mengirimkan service
dan aplikasi di lapangan.
OSGi ARSITEKTUR
OSGi
adalah sebuah set spesifikasi yang mendefinisikan sebuah komponen system
dinamik untuk Java. Spesifikasi ini memungkinkan sebuah model pengembangan
dimana aplikasi (secara dinamik) terdiri dari berbagai komponen yang berbeda.
Spesifikasi OSGi memungkinkan komponen-komponennya untuk menyembunyikan
implementasinya dari komponen lainnya ketika berkomunikasi melalui services
dimana biasanya ketika hal ini berlangsung implementasi antar komponen dapat
terlihat jelas. Model yang simple ini telah jauh mencapai efek dari segala aspek
dari proses pengembangan software.
Sumber :
http://tianyuhui.blogspot.com/2009/12/telematika.html
http://zainuliman.blogspot.com/2009/12/open-service-gateway-initiative-osgi.html
http://tianyuhui.blogspot.com/2009/12/telematika.html
http://zainuliman.blogspot.com/2009/12/open-service-gateway-initiative-osgi.html
Kolaborasi Antar muka Otomotif
Multimedia(Automotive Multimedia
InterfaceColaborationAMI-C)
AMIC - The Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan pada
Oktober 1998 dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk
multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi
berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang
pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota - sekarang
kelompok semua auto utama pembuat, dan dengan demikian menyediakan kesempatan
strategis baru untuk mencapai suatu set umum industri mobil persyaratan sebagai dasar
untukkonvergensipasar.
Untuk berbagai alasan, kendaraan telah tertinggal di belakang rumah dan perangkat
komputasi mobile ketika datang ke alat produktivitas dan multimedia. Keamanan,
kehandalan, biaya, dan desain waktu memiliki semua faktor dalam produsen mobil
'menunda penerimaan teknologi baru. Makalah membahas otomotif standar untuk
antarmuka multimedia. Organisasi seperti Otomotif Kolaborasi Multimedia Interface
(AMI-C) memiliki kesempatan untuk menjadi kekuatan pendorong di belakang upaya
standardisasi.
InterfaceColaborationAMI-C)
AMIC - The Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan pada
Oktober 1998 dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk
multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi
berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang
pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota - sekarang
kelompok semua auto utama pembuat, dan dengan demikian menyediakan kesempatan
strategis baru untuk mencapai suatu set umum industri mobil persyaratan sebagai dasar
untukkonvergensipasar.
Untuk berbagai alasan, kendaraan telah tertinggal di belakang rumah dan perangkat
komputasi mobile ketika datang ke alat produktivitas dan multimedia. Keamanan,
kehandalan, biaya, dan desain waktu memiliki semua faktor dalam produsen mobil
'menunda penerimaan teknologi baru. Makalah membahas otomotif standar untuk
antarmuka multimedia. Organisasi seperti Otomotif Kolaborasi Multimedia Interface
(AMI-C) memiliki kesempatan untuk menjadi kekuatan pendorong di belakang upaya
standardisasi.
Mengetahui
bagaimana Arsitektur Kolaborasi Antar Muka
OtomotifMultimedia
Pengertian dari Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia adalah sebuah kelompok
yang dibuat oleh pembuat untuk menciptakan standard umum yang digunakan untuk
mengatur bagaimana cara kerja perangkat elektronik, seperti komputer dan hiburan unit,
berkomunikasidengankendaraan.
Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) mengatakan akan menjadi tuan
rumah tiga update internasional briefing untuk menjadi pemasok otomotif, komputer dan
teknologi tinggi industri elektronik. Briefing akan diadakan 23 Februari di Frankfurt,
Jerman; Februari 29 di Tokyo; dan Maret 9 di Detroit. “AMIC telah membuat suatu
kemajuan yang signifikan dalam satu tahun terakhir ini dalam menyelesaikan struktur
organisasi dan mencapai kesepakatan mengenai persyaratan yang diperlukan untuk
hardware dan software baik di masa depan mobil dan truk,” Jurubicara AMIC Dave
Acton berkata, “Dan sekarang sudah saatnya bagi kita untuk bertemu dengan pemasok
dan mereka yang tertarik untuk menjadi pemasok untuk memastikan kami pindah ke
tahapberikutnyapembangunankitabersama-sama”.
Acton menekankan bahwa AMIC terbuka untuk semua pemasok yang tertarik bisnis
elektronik. AMIC dibentuk pada bulan September l998 dan saat ini dipimpin oleh 12
produsen otomotif dan anak perusahaan yang meliputi: BMW, DaimlerChrysler, Ford,
Fiat, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA / Peugeot-Citroen, Renault,
Toyota, dan VW. Seorang juru bicara mengatakan kelompok AMIC berencana untuk
mendirikan sebuah kantor di San Francisco di masa depan.
Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia adalah sebuah kelompok yang dibuat oleh
pembuat (maker) untuk menciptakan standar umum yang digunakan untuk mengatur
bagaimana cara kerja perangkat elektronik, seperti komputer dan hiburan unit,
berkomunikasi dengan kendaraan. Dan memiliki anggota: Fiat, Ford, General Motors,
Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault. Sedangkan pengertian AMI-C
adalah organisasi global yang mewakili mayoritas dunia produksi kendaraan. AMI-C
mengembangkan dan standarisasi yang umum multimedia dan telematika otomotif
antarmuka untuk kendaraan jaringan komunikasi. Tujuan dari kolaborasi antar muka
otomotifmultimediaantarlain:
• Menyediakan interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk
menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi – dari sistem
navigasi dan hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem
antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan
komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur
komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input /
output
• Meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan
• Memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan
meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu
pengembangan – industri otomotif efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil
karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai adat-
mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
• Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalam
kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar
Sumber
1.http://isachubby.wordpress.com/2009/12/09/11-mengetahui-bagaimana-arsitektur-
kolaborasi-antar-muka-otomotif-multimedia/
2.http://sunsitindari.blogspot.com/2009/11/kolaborasi-antar-muka-otomotif.html
3.http://sara-ervina.blogspot.com/2009/12/kolaborasi-antar-muka-otomotif.html
4.http://gaptechnology.wordpress.com/2009/12/29/middleware-telematika-
teknologi-osgi-dan-automotive-multimedia-interface-colaboration/
OtomotifMultimedia
Pengertian dari Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia adalah sebuah kelompok
yang dibuat oleh pembuat untuk menciptakan standard umum yang digunakan untuk
mengatur bagaimana cara kerja perangkat elektronik, seperti komputer dan hiburan unit,
berkomunikasidengankendaraan.
Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) mengatakan akan menjadi tuan
rumah tiga update internasional briefing untuk menjadi pemasok otomotif, komputer dan
teknologi tinggi industri elektronik. Briefing akan diadakan 23 Februari di Frankfurt,
Jerman; Februari 29 di Tokyo; dan Maret 9 di Detroit. “AMIC telah membuat suatu
kemajuan yang signifikan dalam satu tahun terakhir ini dalam menyelesaikan struktur
organisasi dan mencapai kesepakatan mengenai persyaratan yang diperlukan untuk
hardware dan software baik di masa depan mobil dan truk,” Jurubicara AMIC Dave
Acton berkata, “Dan sekarang sudah saatnya bagi kita untuk bertemu dengan pemasok
dan mereka yang tertarik untuk menjadi pemasok untuk memastikan kami pindah ke
tahapberikutnyapembangunankitabersama-sama”.
Acton menekankan bahwa AMIC terbuka untuk semua pemasok yang tertarik bisnis
elektronik. AMIC dibentuk pada bulan September l998 dan saat ini dipimpin oleh 12
produsen otomotif dan anak perusahaan yang meliputi: BMW, DaimlerChrysler, Ford,
Fiat, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA / Peugeot-Citroen, Renault,
Toyota, dan VW. Seorang juru bicara mengatakan kelompok AMIC berencana untuk
mendirikan sebuah kantor di San Francisco di masa depan.
Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia adalah sebuah kelompok yang dibuat oleh
pembuat (maker) untuk menciptakan standar umum yang digunakan untuk mengatur
bagaimana cara kerja perangkat elektronik, seperti komputer dan hiburan unit,
berkomunikasi dengan kendaraan. Dan memiliki anggota: Fiat, Ford, General Motors,
Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault. Sedangkan pengertian AMI-C
adalah organisasi global yang mewakili mayoritas dunia produksi kendaraan. AMI-C
mengembangkan dan standarisasi yang umum multimedia dan telematika otomotif
antarmuka untuk kendaraan jaringan komunikasi. Tujuan dari kolaborasi antar muka
otomotifmultimediaantarlain:
• Menyediakan interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk
menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi – dari sistem
navigasi dan hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem
antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan
komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur
komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input /
output
• Meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan
• Memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan
meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu
pengembangan – industri otomotif efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil
karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai adat-
mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
• Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalam
kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar
Sumber
1.http://isachubby.wordpress.com/2009/12/09/11-mengetahui-bagaimana-arsitektur-
kolaborasi-antar-muka-otomotif-multimedia/
2.http://sunsitindari.blogspot.com/2009/11/kolaborasi-antar-muka-otomotif.html
3.http://sara-ervina.blogspot.com/2009/12/kolaborasi-antar-muka-otomotif.html
4.http://gaptechnology.wordpress.com/2009/12/29/middleware-telematika-
teknologi-osgi-dan-automotive-multimedia-interface-colaboration/
TEKNOLOGI VIRTUAL MACHINE
Pengertian dari virtual machine itu sendiri, virtual yaitu tidak nyata.
Digunakan umumnya untuk suatu bayangan kejadian dunia nyata yang dibentuk
melalui teknologi. Sedangkan machine yaitu mesin, perangkat mekanis atau
listrik yang mentransmisikan atau mengubah energi untuk melakukan atau membantu
pelaksanaan tugas manusia. Jadi virtual machine adalah program sistem untuk
melakukan pengontrolan program terhadap pemakaian sumber daya perangkat keras.
Fungsinya adalah untuk pengontrolan program dalam pemberian fasilitas
sumberdaya yang ada kepada proses dari pengguna, misalnya untuk
mendapatkan CPU dan memori.
Virtual
Machine(VM) adalah sebuah mesin yang mempunyai dasar logika yang menggunakan
pendekatan lapisan-lapisan ( layers)dari sistem komputer.Sehingga sistem
komputer dengan tersendiri dibangun atas lapisan-lapisan tersebut, dengan
urutan lapisannya mulai dari lapisan terendah sampai lapisan teratas adalah
sebagai berikut:
·
Perangkat keras (semua bagian fisik komputer)
·
Kernel (program untuk mengontrol disk dan
sistem file, multi-tasking,load-balancing, networking dansecurity)
·
Sistem program (program yang membantu general
user)
Kernel
yang berada pada lapisan kedua ini, menggunakan instruksi perangkat keras untuk
menciptakan seperangkat system call yang dapat digunakan oleh
komponen-komponen pada level sistem program. Sistem program kemudian dapat
menggunakan system call dan perangkat keras lainnya seolah-olah
pada level yang sama. Meskipun sistem program berada di level tertinggi , namun
program aplikasi bisa melihat segala sesuatu pada tingkatan dibawahnya
seakan-akan mereka adalah bagian dari mesin. Pendekatan dengan lapisan-lapisan
inilah yang kemudian menjadi kesimpulan logis pada konsep Virtual
Machine(VM) atau virtual machine(VM).
Ada beberapa
kesulitan utama dari konsep VM, diantaranya adalah:
·
Dalam sistem penyimpanan. Sebagai contoh
kesulitan dalam sistem penyimpanan adalah sebagai berikut: Andaikan kita
mempunyai suatu mesin yang memiliki 3 disk drive namun ingin mendukung 7 VM.
Keadaan ini jelas tidak memungkinkan bagi kita untuk dapat mengalokasikan
setiap disk drive untuk tiap VM, karena perangkat lunak untuk mesin virtual
sendiri akan membutuhkan ruang disk secara substansi untuk menyediakan memori
virtual dan spooling.Solusinya adalah dengan menyediakan disk virtual atau
yang dikenal pula dengan minidisk, dimana ukuran daya penyimpanannya
identik dengan ukuran sebenarnya. Dengan demikian, pendekatan VM juga
menyediakan sebuah antarmuka yang identik dengan underlying barehardware.
·
Dalam hal pengimplementasian. Meski
konsep VM cukup baik, namun VM sulit diimplementasikan.
Terlepas dari
segala kekurangannya, VM memiliki beberapa keunggulan, antara lain:
·
Dalam hal keamanan. VM memiliki
perlindungan yang lengkap pada berbagai sistem sumber daya, yaitu dengan
meniadakan pembagianresources secara langsung, sehingga tidak ada masalah
proteksi dalam VM. Sistem VM adalah kendaraan yang sempurna untuk penelitian
dan pengembangan sistem operasi. Dengan VM, jika terdapat suatu perubahan pada
satu bagian dari mesin, maka dijamin tidak akan mengubah komponen lainnya.
·
Memungkinkan untuk mendefinisikan suatu
jaringan dari Virtual Machine(VM). Tiap-tiap bagian mengirim
informasi melalui jaringan komunikasi virtual. Sekali lagi, jaringan dimodelkan
setelah komunikasi fisik jaringan diimplementasikan pada perangkat lunak.
Sumber :
http://dinasweblog.blogspot.com/2011/01/bagaimana-teknologi-virtual-machine.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar