Jumat, 29 November 2013

POSTINGAN KEDUA

Teknologi Wireless dan Terminal

Wireless
Wireless network ataujaringantanpakabeladalahsalahsatujenisjaringanberdarsarkan media komunikasinya, yang memungkinkanperangkat-perangatdidalamnyasepertikomputer, hp, dllbisasalingberkomunikasisecara wireless/tanpakabel. Wireless network umumnyadiimplementasikanmenggunakankomunikasi radio. Implementasiiniberadapada level lapisanfisik (pysical layer) dari OSI model.

Cara KerjaJaringan Wireless
Jaringan wireless adalahjaringan yang mengkoneksiduakomputerataulebihmenggunakansinyal radio, cocokuntukberbagai-pakai file, printer, atauakses internet. Teknologi wireless LAN menjadisangat popular di banyakaplikasi.Setelahevaluasiterhadapteknologitersebutdilakukan, menjadikanparapenggunamerasapuasdanmeyakinirealibilityteknologiinisudahsiapuntukdigunakandalamskalaluasdankmplekpadajaringantanpakabel. 
Wireless LAN bekerjadenganmenggunakangelombang radio.Sinyal radio menjalardaripengirimkepenerimamelalui free space, pantulan-pantulan, difraksi, line of sight dan obstructed tiapsinyal (padajalur yang berbeda-beda) memiliki level kekuatan, delay danfasa yang berbeda-beda.
Awalnyateknologiinididesainuntukaplikasiperkantorandalamruangan, namunsekarang wireless LAN dapatdigunakanpadajaringan peer to peer dalamruangandanjuga point to point diluarruanganmaupun point to multipoint padaaplikasi bridge wireless LAN didesainsangat modular danfleksibel.Jaringaninijugabisa di optimalkanpadalingkungan yang berbeda.Dapatmengatasikendalageografisdanrumitnyainstalasikabel.
Miripdenganjaringan Ethernet kabel, sebuah wireless LAN mengirim data dalambentukpaket.Setiap adapter memiliki no ID yang permanendanunik yang berfungsisebagaisebuahalamatdantiappaketselainberisi data jugamenyertakanalamatpenerimadanpengirimpakettersebut.Samadengansebuah adapter Ethernet, sebuatkartu, wireless LAN akanmemeriksakondisijaringansebelummengirimpaketkedalamnya. Bilajaringandalamkeadaankosong, makapaketlansungdikirimkan.Bilakartumendeteksiadanya data lain yang sedangmenggunakanfrekuensi radio, makaiamenunggusesaatkemudianmemeriksanyakembali.

Terminal
Sebuahlayanan yang digunakanuntukmengakses data, aplikasisampai desktop Windows yang terdapat di sebuahKomputer/Server jarakjauhmelaluisebuahjaringan.
Terminal Services sangatcocok di gunakanuntukpengembanganaplikasi yang terpusat (tersentralisasi), perusahaan2 yang masihbanyakmemilikikomputer lama (dengan resource yang rendah) dantidakmampumelakukanperemajaanresource, tidakterlalumembutuhkan bandwidth yang besardansangatcocokuntuklingkungan intranet.
Dalamhalinibukantidakcocokuntukmenggunakankoneksi internet tapidenganmelakukankoneksike Terminal Serverdenganmenggunakanprotokol RDP tanpadibungkusdenganenkripsimakaakansangatriskandanrawanancamandari cracking.
Tapijangankhawatirdenganhalitukarena di Windows 2008 Server Terminal Services hadirdengankemampuanbaru yang salahsatunyaadalah Terminal Service Gateway-nya yang mengijinkan user untukmelakukankoneksike Terminal Server denganmanggunakanprotokol HTTPS yang menggunakan port 443. Denganmenggunakanprotokol HTTPS koneksike server akandienkripsidanhaliniakanmembuatkoneksijauhlebihaman, untuklebihdetailnyaakansayabahasdalamartikelberikutnya.

Cara Kerja Terminal Service
Dump Terminal mengirimkan data daninformasilainyake Mainframe danselanjutnya Mainframe-lah yang akanmelakukan proses, selanjutnyasetelahselesai di proses Mainframe akanmengirimkaninformasi yang telah di proses ke Dump Terminal kemudianakanmemperbaruitampilandari Dump Terminal.

Interface (antarmuka)
Interface (antarmuka) adalahsalahsatulayanan yang disediakan system operasisebagaisaranainteraksiantarapenggunadengan system operasi. Jadi, interface iniadalahkomponen system operasi yang bersentuhanlangsungdenganpengguna.
Terdapatduajenisantarmuka (interface), yaitu Command Line Interface (CLI) danGraphical User Interface (GUI).
         Command Line interface (CLI)
CLI adalahtipeantarmukadimanapenggunaberinteraksidengan system operasimelalui text-terminal.Penggunamenjalankanperintahdan program di system operasitersebutdenganmengetikkanbaris-baristertentu.Meskipunkonsepnyasama, tiap-tiap system operasimemilikinamaatauistilah yang berbedabentuk CLI-nya. Contonya UNIX memberinamauntu CLI-nyadengannama bash, ash, ksk, dan lain-lain. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberikannama command.com, atau Command Prompt untuk CLI-nya.


         Graphical User Interface (GUI)
GUI adalahtipeantarmuka yang digunakanolehpenggunauntukberinteraksidengan system operasimelaluigambar-gambargrafik, ikon, menu, danmenggunakanperangkatpenunjuk( pounting device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemenuntadari GUI bisadiringkasdalamkonsep WIMP (window, icon, menu, pointing device).

Fitur-fiturpada interface telematika

Dari penjelasan interface dantelematikadiatas, makadapatsayasimpulkan Interface telematikaadalahmerupakansebuahteknologiinformasi yang berbasiskanpada interface yang memungkinkanpenggunaberinteraksisecaralangsung.
Terdapat 6 macamfiturpadaantarmukatelematika, keenamfiturtersebutadalah head up display system, tangible user interface, computer vision, browsing audio data, speech recognition, dan speech syntetis.

TEKNOLOGI ANTARMUKA

Antarmuka ( interface ) adalahsalahsatulayanan yang disediakansistemoperasisebagaisaranainteraksiantarapenggunadengansistemoperasi. Antarmukaadalahkomponensistemoperasi yang bersentuhanlangsungdenganpengguna.Terdapatduajenisantarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI – yang berbasispadatekstanpaadanyagambarsepertims-dos) dan Graphical User Interface(GUI – yang berbasisgrafis, dgnmemilikitampilanberupa menu dan icon – icon seperti windows).
Telematika menurutpemerintahdiartikansebagaisingkatandaritele = telekomunikasi, ma = multimedia, dantika = informatika. Telematikasudahmerupakanbagian yang takterpisahkandarikehidupanmanusia, bahkanmenjadikomoditasindustri, bisnisinformasi, media dantelekomunikasi.Secaraumumtelematikamerupakanbertemunyasistemjaringankomunikasidenganteknologiinformasi.
Setelahmengetahuiartidariantarmukadantelematika, makadapatdisimpulkanartidari antarmukatelematika adalahsebuahkegiatantelematika yang berhubunganlangsungdenganpengguna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar